Kerajinan Koran Bekas

Keranjang Pakain Kotor dari Koran Bekas

Sumber:  http://www.eocommunity.com/

Jika anda mempunyai Koran bekas, jangan dibuang atau dijual di tukang loak, arena Koran bekas tersebut bisa dibuat kerajinan tangan yang sangat menarik.

Salah satu kerajinan tangan dari Koran bekas adalah Keranjang Pakaian Kotor.

Bahan :

  1. Koran Bekas
  2. Lem
  3. Kawat
  4. Vervis / Cat

Alat :

  1. Gunting
  2. Cutter
  3. Meteran
  4. Tang
  5. Palu
  6. Alat pendukung lainnya

Cara Membuat :

  1. Proses pertama diawali dengan membagi atau memotong kertas koran dan menggulungnya sebanyak kebutuhan.
  2. Satu lembar koran biasanya dibagi 6 hingga 8 bagian memanjang.
  3. Setelah itu diplintir atau digulung kecil-kecil atau sesuai ukuran yang diinginkan.
  4. Menggulungnya menggunakan kawat atau lainnya sesuai ukuran sehingga gulungan menjadi sama besarnya dan di bagian ujung akhir penggulungan dilem agar tidak terlepas.
  5. Setelah itu dianyam seperti lazimnya menganyam kerajinan anyam lainnya dengan hitungan keluar masuk dan atas bawah sesuai motif yang diinginkan atau teknik seperti jahitan.
  6. Rangkanya dipakai kawat steinless yang juga dilapisi koran.
  7. Di tiap akhir anyaman, untuk menguatkan ikatan ujungnya hanya memakai teknik selip–menyelipkan tiap ujungnya pada anyaman teakhir tanpa harus diikat.
  8. Di beri lapisan vernis atau dicat sesuai dengan warna yang diinginkan.
  9. Terakhir, dapat ditambahkan aksesoris seperti bunga atau kupu-kupu dll, untuk mempercantik.

Selamat mencoba.

Salam,
Sumber : Bahan bacaan : bisnisukm.com

10 responses to “Kerajinan Koran Bekas

  1. bgus lo tman2 sampek dinilai pling tinggi dscool
    cobain dong pasti pling terbaik
    wkwkwkwkwkwkwkw

  2. bagus juga ^^
    makasi infonya, moga” berguna buat ujian praktek aku..

  3. bermanfaat banget infonya….
    buat rferensi tugas bagus banget…
    ^_^

  4. ada video cara pembuatannya gak??

  5. itu pake lem apa yang kuat yah?

  6. bisa dicoba tu!!
    Ada ngak video cr pmbuatannya, klu ada krm ya ke email ku. Mksh.

  7. good job bos…
    gwa bisanya membuat miniatur seperti..kapal,rumah,vespa,dll .ide awal gwa lihat koran numpuk dirumah trus saya iseng2 deh bikinnya… bos minta tipsnya gimana caranya memasarkan produk kyak miniatur tersbt..
    terimakasih

  8. thankx nambah wawasan jd pengen jualan2 gt

  9. keren jd pen9en buwat

  10. g’ad.lgi ta.. hsil kerajinan dri koran..+ videox

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s