Lubang Sampah

BOR SAMPAH untuk mengurangi pasokan sampah ke TPA, dari Kecamatan Cinere

Sumber: http://www.depok.go.id/  20 Juni 2012 

Camat Cinere, Ir Hj. Widyati Riyandani didampingi Lurah Pangjakanjati Baru , Tokoh Masyarakat dan Ibu RW.06 Kelurahan Pangkajanjati Baru sedang meninjau pembuatan lubang sampah di Perumahan PT Timah.

BOR SAMPAH sebagai Proyek Percontohan di Kecamatan Cinere, sekarang sedang diilaksanakan kegiatan BOR SAMPAH di Komplek PT. Timah, RT.01, dan RT.02, RW.06, Kelurahan Pangkalanjati Baru, target sebanyak 120 lubang mengingat di perumahan tersebut ada 120 rumah jadi setiap rumah akan dibuatkan 1 (satu) lubang untuk menampung sampah organik sedangkan sampah non organik akan dipilah-pilah untuk dijadikan bahan kerajinan, seperti tas, dompet dan lain sebagainya.

Sampai hari ini, Rabu, 20 Juni 20112 baru terealisasi 25 lubang dari 120 lubang yang ditargetkan, pelaksanaan dimulai mulai hari Senin, 18 Juni 2012, diharapkan dengan adanya pembuatan lubang-lubang sampah ini maka sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga akan mengurangi beban atau pasokan sampah baik ke UPS ataupun ke TPA.

Bor sampah yang dibuat berdiameter 20 cm dengan kedalaman kurang lebih 2 meter, diperkirakan dapat menampung sampah organik selama 1 sampai dengan 1,5 tahun. Sampah yang ditimbun di lubang tersebut dalam waktu kurang lebih 2 minggu sudah bisa angkat kembali untuk dijadikan pupuk, untuk mempercepat proses pembusukannya dicampur dengan air cucian beras.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s