Pelet Ikan

Warga Grogol Menemukan Pelet Ikan Berbahan Sampah Organik

Sumber: http://www.depok.go.id/ 09 Juli 2011 

Sampah merupakan persoalan pelik di kota besar yang sangat sulit diatasi pemerintah, termasuk Depok. Namun, masalah itu, tidak dijadikan persoalan bagi Ius Munif (50). Ditangan lelaki ini, sampah justru bisa diolah menjadi barang ekonomis yang membawa keuntungan besar. Betapa tidak, dengan kreatifitasnya, sisa dari sampah rumah tangga bisa disulap menjadi pellet ikan.

Sampah menjadi kompos, bukanlah hal yang baru bagi Ius Munif. Akan tetapi, Pada pertengahan Januari 2011, warga RT 05/05, Jalan Pulo Mangga, Kelurahan Grogol, Limo itu mendapat sebuah tantangan dari rekannya. Pria paruh baya tersebut ditantang Dosen Jurusan Biologi, Universitas Indonesia (UI) mengubah sampah menjadi sesuatu yang bernilai jual tinggi.

Tantangan dari sahabatnya itupun diterima. Ius mulai memutar otaknya dan menjawab tantangan. Seminggu, lelaki berkulit sawo matang ini terus berfikir, namun belum juga mendapatkan jawaban yang dicari. Namun, diluar dugaan, jawaban dari tantangan yang sahabatnya itu berhasil terjawab saat memandangi ikan koi peliharaannya di kolam rumahnya. “Kala itu, saya langsung berpikir jika sampah bisa dijadikan pellet ikan,”katanya. Percobaan demi percobaan dilakukan warga kelurahan Grogol itu, tetrmasuk Browsing cara membuat pellet ikan di dunia maya. Bahkan, beberapa buku berisi panduan tentang membuat makan ikan dibelinya. Tanpa terasa, sudah satu, dua, sampai tiga hari, Ius mencari akal dikediamannya yang sederhana itu,”Saya mulai mengerjakannya di rumah sendirian. Sampah dapur yang dihasilkan sang istripun saya kumpulkan,”ucapnya. Bahan baku yang didapat ius, satu persatu mulai diolah dengan gilingan daging milik sang istri. Kemudian sayur, tulang, kepala ikan hingga beberapa sampah organic digiling menjadi satu. “Seminggu saya ciptakan pelet itu. Tetapi hasilnya tidak maksimal seperti yang saya harapkan,”bebernya.

Meski demikian, ia mengaku tidak merasa putus asa dan terus melakukan eksplorasi. Dari bahan sampah yang dibusukan, bapak tiga anak ini mencoba peruntungan kembali. Dengan pola sederhana, dirinya menemukan sesuatu dari percobaannya. Alhasil, mantan siswa STM Jurusan Mesin ini, menemukan sesuatu yang mengejutkan. Pelet ikanpun, selesai dikerjakannya. “Pelet ikan itu langsung saya bawa ke teman saya. Dan teman saya langsung memberi makan ikannya dengan pellet saya tanpa diuji lab dahulu,”tukasnya.

Pada akhirnya, lanjut dia,pellet ikan temuannya itu diuji lab sahabatnya. Namun, hasilnya tidak begitu memuaskan, karena beberapa kekurangan dalam pelet ikannya itu.Karena kandungan gizi didalam pakan ternak itu tidak ada. “Dengan hasil itu saya pun terus melakukan terobosan. Karena belum ada pellet ikan dari sampah dapur di Depok,”singkatnya. Hari demi hari dilalui Ius dengan menyempurnakan pellet ikannya. Tanpa terasa, satu bulan sudah berlalu. Hasilnyapun sangat mencengangkan. Apa yang diinginkan Ius Munif dalam menyempurnakan pellet ikanpun terwujud. Uji laboratorium menyatakan temuan lelaki ini layak jual.

Advertisements

One response to “Pelet Ikan

  1. boleh tau tutor nya cara bikin pakan ikan dngan sampah..??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s