Berita 2009-3 (Jul-Sep)

Juli 2009

Air tanah sekitar tempat pembuangan sampah mengandung e-coli

Koraninternet.com: Kamis, 09 Juli 09

Sumber: http://www.koraninternet.com/

Depok, Koran Internet: Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Depok, Elin Herliana mengatakan air di sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) di Cipayung, Kecamatan Pancoran Mas banyak mengandung bakteri E-Coli sampai 70 e-coli/100 miligram.

“Kadar bakteri E-Coli tersebut sudah melebihi ambang batas minimal yaitu 50 e-coli/100 miligram,” kata Elin Herliana, di Depok, Jawa Barat, Kamis.

Dinkes Kota Depok melakukan uji sampel sumber air bersih di 60 lokasi di enam Kecamatan di Depok.

Menurut dia, tingginya kadar bakteri pada TPA Cipayung karena lokasi TPA yang sangat dekat dengan Sistem Pembuangan Air Limbah atau SPAL.

“Hasil penelitian menyebutkan bahwa kadar E-coli sudah melebihi batas kesehatan,” katanya.

Dikatakannya kadar E-coli dalam air tanah dan air sumur tidak boleh lebih dari 50 bakteri e-coli/100 miligram karena kalau lebih akan membahayakan kesehatan.

Bakteri tersebut dapat menyebabkan seseorang terserang wabah diare dan dapat diatasi dengan menaburkan kaporit pada air tanah. Untuk menghilangkan kadar e-coli, harus memberikan tambahan kaporit.

“Warga sekitar juga diminta untuk memasak airnya sampai benar-benar matang,” jelasnya.

Sebelumnya pada bulan Mei 2009, Dinas Kesehatan Kota Depok mengambil sampel sumber air bersih di 60 titik di enam Kecamatan untuk menguji kandungan bakteri E-Coli dan dua parameter lainnya berupa bau dan warna, serta kandungan kimiawi berupa zat-zat berbahaya.

Ke-60 titik tersebut berlokasi di sekitar pemukiman yang rawan banjir, dekat dengan TPA, dan juga berada dekat dengan wilayah industri.(Ken/Ant)

Agustus 2009

DANDIM 0508/DEPOK PIMPIN PEMBERSIHAN SAMPAH

Sumber: http://www.tni.mil.id/ 11 Agu 2009

KODAM JAYA (11/8),- Dandim 0508/Depok Letkol Arh Suroso, SE, Sabtu (8/8) lalu memimpin memimpin pembersihan sampah di kota Depok, Jawa Barat, yang dilaksanakan sekitar 500 personel baik dari jajaran Kodim 0508/Depok, Yonif 328/Kostrad, Angkatan Laut, Angkatan Udara pihak Kecamatan dan Kelurahan serta RW dan RT setempat dan warga masyarakat.

Selain untuk mengisi hari kemerdekaan RI ke-64, kegiatan yang dipadukan dengan program kali bersih dan lingkungan ini juga dilaksanakan dalam rangka peringatan TNI ke-64 Hari TNI tahun ini.

Turut serta dalam kegiatan itu Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il, Wakil Walikota Depok H. Yuyun Wirasaputra dan jajaran Muspida Depok serta Danyonif Mekanis 201/JY. Mereka berbaur bersama warga menyapu bersih sampah dan jentik-jentik nyamuk.

Berdasarkan hasil identifikasi kemarin, lokasi yang dijadikan sasaran program kali bersih dan lingkungan Bakti TNI itu adalah Kecamatan Sukmajaya yang dialiri kali Ciliwung, dan Mampang yang dialiri kali Cikupa.

Dandim 0508/Depok Letkol Arh Suroso, SE menegaskan semua elemen masyarakat yang cinta lingkungan hidup, sudah selayaknya turun tangan menyingsingkan lengan baju, bergotong-royong bersama-sama, menggelontor sampah dan memberantas nyamuk berikut jentik-jentiknya, sehingga tak menjadi gangguan serius dimusim pancaroba akibat global warming.

”Jangan lagi ada kata enggan, apalagi tak peduli terhadap lingkungan sendiri. Kini, sudah saatnya kita menggalang kebersamaan guna membersihkan kali, saluran air, got-got yang mampet sekaligus memberantas jentik-jentik nyamuk” katanya.

Menurut Dandim, hal itu dapat menghindarkan masyarakat dari akibat buruk perubahan cuaca belakangan ini, seperti banjir, malaria dan bau tak sedap dari sampah yang menggenang.

Sementara itu, guna kelancaran kegiatan, Danramil Sukmajaya Kapten Warto mengatakan, pihaknya bersama Lurah Sukmajaya Dedi Suwandi Pengurus RT 05/RW 09 Kelurahan Sukmajaya telah menyiapkan kelengkapan acara yang dimuali pukul 07.30 .

Selain membersihkan selokan, drainase dan kali, para peserta juga melakukan pengecetan di sejumlah titik agar kota tampak indah menjelang 17 Agustus.

September 2009

Depok Targetkan 100 Pengolahan Sampah

Sumber: http://www.gatra.com/7 September 2009

Pemerintah Kota Depok menargetkan pembangunan 100 unit pengolahan sampah hingga lima tahun ke depan.

“Pada 2010-2011, diharapkan sudah terbangun sekitar 60 unit pengolahan sampah,” kata Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail, usai mendampingi Mendag Mari Elka Pangestu mengunjungi Pasar Cisalak, Cimanggis, Depok, Senin (7/9).

Saat ini, telah ada 22 unit pengolahan sampah yang tersebar di seluruh Depok, antara lain masing-masing tiga unit di Kecamatan Limo, Pancoran Mas, dan Cimanggis, lima lainnya di Kecamatan Sukmajaya.

Salah satu yang telah dioperasikan adalah unit pengolahan sampah di Pasar Cisalak yang dibangun dengan bantuan Bank Jabar.

Unit tersebut menghasilkan 25-30 meter kubik kompos sehari dan mengolah 50 meter kubik sampah dari pasar tersebut dan pemukiman sekitarnya. [TMA, Ant]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s