Sampah Kali

25 Februari 2012

Ihh!! Sampah Pembalut & Kondom Mengambang, Relawan Depok Keruk Sungai

Sumber: http://news.detik.com/  25 Februari 2012  

Jakarta 300-an relawan melakukan pembersihan di saluran pembuangan air, got, dan sungai yang dipenuhi sampah rumah tangga. Hal ini dilakukan untuk mencegah datangnya banjir saat musim penghujan.

“Dengan 300 relawan, 3 ton sampah dikeruk dari Sungai Cabang Timur,” ujar Walikota Depok Nurmahmudi Ismail kepada detikcom di Jalan Raya Juanda, Sabtu (25/2/2012).

Relawan terdiri dari TNI Kodim 0508, kepolisian, aparat pemkot, mahasiswa Gunadarma, dan karang taruna. Para relawan ini langsung masuk ke sungai untuk mengeruk sampah-sampah dengan bantuan alat.

“Tingkat kesadaran warga menjaga kebersihan sangat rendah. Pemkot sudah sering mengingatkan tapi tetap saja sungai, parit, kebun kosong jadi tempat sampah,” katanya. Pemkot Depok sudah menyusun perda tentang sampah dengan sanksi yang lebih keras.

Sementara itu, pantauan detikcom di Sungai Cabang Timur, sampah yang sudah menggunung kemudian diangkut dengan 3 truk ke tempat pembuangan akhir Cipayung.

Semua sampah kebanyakan limbah rumah tangga seperti ratusan bekas pembalut wanita dan kantong plastik. Sampah-sampah tersebut mengambang di sungai. Bahkan tampak juga sisa-sisa bekas kondom yang menyatu dengan sampah plastik dan gabus. Nurmahmudi tampak ikut masuk ke sungai.

“Nih, lihat ada pula sayuran dan makanan kadaluarsa dalam bungkusan yang masih utuh berasal dari supermarket. Saya rasa supermarket itu pun membuang sampahnya ke sungai ini,” ujar Nur, seorang warga yang ditemui detikcom.

Di sepanjang Sungai Cabang Timur ini ada sekitar tiga sepermarker dan mal yang beroperasi. (gus/gus)

Juli 2012

Kali KCB jadi lautan sampah

Oleh Asti Ediawan,http://www.monitordepok.co.id/   21 Juli 2012

GROGOL, MONDE: Minimnya curah hujan di wilayah Depok dan sekitarnya pada sebulan terakhir membuat debit air di Kali Krukut Cabang Barat (KCB) menurun drastic. Kondisi ini mengakibatkan material sampah yang dibuang oleh warga di kali tersebut praktis menumpuk di atas bidang kali. Hal ini menyebabkan pendangkalan kawah kali.

Dari pantauan Monde disepanjang aliran kali mulai dari wilayah Kelurahan Mampang Kecamatan Pancoran Mas hingga wilayah Kelurahan Gandul Kecamatan Cinere memperkirakan sedikitnya ada 17 titik tumpukan sampah yang nyaris menutupi bidang kali. Aliran kali ke hilir jadi tersendat.

Dampak lain dari menumpuknya material sampah di bidang Kali Cabang Barat ini menimbulkan bau tak sedap sehingga mengganggu kenyamanan warga yang beraktivitas di sekitar kali.

Menurut penuturan Deni, warga Grogol penumpukan sampah diatas bidang Kali Krukut Cabang Barat ini terlihat sejak dua bulan terakhir.

Dimana dalam kurun waktu tersebut selain curah hujan minim, petugas Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Dibimasda) juga jarang turun ke kali untuk membersihkan tumpukan sampah yang dibuang oleh orang-orang tak bertanggung jawab ini.

“Dulu saya lihat petugas dari Dibimasda sering turun ke kali guna membersihkan sampah yang menumpuk d iatas bidang kali. Tapi dalam dua bulan ini saya sudah tidak lagi melihat aktivitas itu. Jadi, jumlah sampah yang menumpuk di atas kali semakin banyak, kondisi ini diperparah lagi dengan menurunnya debit air sehingga sampah tidak hanyut ke hilir,” papar Deni.

Atas kondisi ini, Deni berharap agar petugas satgas banjir Dibimasda segera turun tangan membersihkan tumpukan sampah tersebut. Harapan yang sama juga dilontarkan Roni, warga Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo.

Menurut Roni jika tumpukan sampah yang mengendap di Kali Krukut Cabang Barat ini tidak segera diangkat dan dibersihkan, maka dapat dipastikan kawah kali akan semakin dangkal dan lama kelamaan bidang kali bisa rata dengan bidang jalan. Jika ini terjadi maka upaya normalisasi bidang kali akan sangat sulit dilakukan. (ast)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s