Berita Kerjasama Depok-Jepang

Depok Belajar Memilah Sampah Hingga ke Jepang

Sumber:http://www.republika.co.id/ 15 Maret 2012

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Persoalan penangganan sampah masih menjadi masalah serius di Kota Depok. Untuk mengatasi masalah sampah, Pemerintah Kota Depok belajar soal penanganan sampah dari Provinsi Osaki, Jepang.

Rahmat Hidayat, Kabid Kebersihan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok, mengatakan pihaknya mendatangkan tim ahli pengelolaan sampah dari Osaki. Pihaknya juga berencana mengirim dua wakilnya ke Osaki untuk belajar cara penanganan sampah selama sebulan.

”Kita belajar cara pemilahan sampah yang tepat dan benar. Warga Osaki, Jepang, meraih sukses dalam pengelolaan kebersihan,” tutur Rahmat. ”Warga Osaki selama ini tidak lagi menganggap sampah sebagai limbah tak berguna.”

Rahmat menuturkan pemilahan sampah di Osaki sudah dimulai dari tingkat rumah tangga. Mereka memilah sampah hingga menjadi sekitar 28 jenis sampah. Di bagian depan setiap rumah, warga menyediakan empat jenis kantong sampah di antaranya kantong sampah organik dan non-organik.

”Kaleng, botol, plastik mempunyai kantong sampahnya masing-masing. Pengambilan sampah itu diatur jadwalnya dengan disesuaikan jenis sampah,” tegasnya.

Selama sebulan di Osaki, wakil dari Pemkot Depok itu akan tinggal di salah satu keluarga untuk mempelajari cara mereka mengelola kebersihan. ”Ini terutama cara pemilahan sampah yang benar dan tepat. Sepulang dari Jepang nanti, mereka diharapkan dapat menularkan ilmu dan pengalamannya tentang cara yang benar dan tepat menangani sampah,” ujarnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s