Sobirin

Sobirin, Perajin Tong Sampah Kreatif Asal Kota Depok

Sumber: http://jakarta.indopos.co.id/ 12 Juni  2011

INOVASI: Sobirin tengah bekerja di toko pembuatan tong sampah miliknya.

Ramai Dipesan Jelang Adipura, Bisa Kuliahkan Tiga Anak

Kendati Kota Depok berulang kali gagal meraih Adipura, tapi justru di daerah itu ada pengrajin tong sampah kreatif yang laris dibeli saat digelar penilaian bidang kebersihan itu. Tong sampah made-in Sobirin itu dibuat dengan cat warna-warni. Seperti apa?

SUARA gaduh terdengar hingga keluar. Suara berisik itu berasal dari tong yang tengah diolah. Diantara tumpukan tong terlihat Sobirin, pria paruh baya perajin tong sampah yang popular di Kota Depok. Karena tong sampah karyanya kreatif.

”Setiap hari saya bikin tong sampah. Nggak ada kerjaan lain,” ujar dia di bengkel produksi miliknya di Jalan Raya Sawangan, Rangkapan Jaya, Kota Depok. Dalam sehari, Sobirin mengaku bisa membuat 5 tong sampah kreatif. Dengan berbagai model. Semua tong-tong sampah ini, tegas dia juga, dibuat seorang diri tanpa bantua siapa pun.

”Bisa lebih bila ada pesanan,” terangnya juga. Padahal untuk menyelesaikan satu buah tong butuh kerja keras. ”Awalnya tong bekas itu dibersihkan dan diperbaiki bentuknya. Baru diolah,” tutur ayah enam anak ini. Menariknya semua bahan baku membuat tong sampah ini berasal dari barang bekas. Dapat berbentuk tong berbahan logam atau pun tong berbahan plastik.

Keduanya dapat diolah menjadi tong sampah kreatif. Sobirin mengungkapkan bahan baku tong sampah kreatif itu diperoleh dari sejumlah pemulung. Tak jarang pula didapat dari pabrik atau toko yang tak lagi menggunakna tong-tong tersebut. Bahan baku itu pun, tambah dia juga, diolah semenarik mungkin. Dengan memberikan ornamen dan motif yang kreatif pada bagian luar tong. Agar lebih cantik tong dikreasikan dengan bentuk tambahan.

”Biasanya saya kasih penutupnya. Ada pula yang saya tambahkan dengan tiangtiang penyangga,” paparnya. Motif yang ditampilkan Sobirin cukup beragam. Ada yang menggunakan motif bunga, kombinasi warna dan sebagainya. Sehingga tong-tong sampah itu menjadi lebih berbeda. Upaya itu, tambah Sobirin juga, sengaja dilakukan agar memberikan kesan berbeda pada fungsi tong sampah. Sekaligus memberikan kesan cantik pada lingkungan di sekitar tong sampah itu diletakkan.

”Kalau tidak ada motifnya terasa begitu kumuh. Orang malas gunakan tong sampah. Makanya perlu sentuhan seni,” jelasnya. Biasanya tong sampah itu didesain sesuai pesanan. Beberapa konsumennya tak jarang meminta motif fauna atau tema tertentu. Tapi tak sedikit konsumen yang lebih menyukai motif biasa, tanpa sentuhan seni yang berlebihan. Misalkan, konsumen dari lingkungan institusi sekolah meminta motif pesan.

Dengan memberikan tulisan-tulisan bermuatan inspirasi atau semangat. Berbeda dengan motif yang dipesan kantor- kantor pemerintah. ”Sehari bisa terjual 2-3 unit. Tapi meningkat saat akhir pekan. Bisa 5 unit,” cetusnya juga. Namun, sambung dia lagi, yang menariknya pesanan tong sampah ini melonjak menjelang penilaian Adipura. Pasalnya, tong sampah itu laris dipesan kalangan pemerintahan. Untuk kebutuhan kantor dan tempat pelayanan publik.

”Saya pernah mengerjakan 400 tong sampah sebulan. Itu sangat banyak jumlahnya,” ucapnya juga. Untuk harga jual, Sobirin mengaku tidak mahal tapi tergantung besar dan uniknya tong sampah tersebut. Ukuran sedang dijual Rp 350 ribu. Sedangkan yang lebih besar bisa mencapai Rp. 500 ribu per unit.

Dari hasil penjualan tong tersebut, Sobirin mengaku mendapatkan untung yang cukup. Bahkan, dari usahanya itu dia bisa menyekolahkan tiga dari enam anaknya ke perguruan tinggi. ”Namanya rejeki, nggak tahu darimana datangnya. Saya bisa kuliahkan tiga anak dari usaha ini,” cetusnya sambil tersenyum bangga. (*)

One response to “Sobirin

  1. Alamat pak Sobirin di depok dimana ya saya mau beli tong sampahnya,… Mhn infonya .. Tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s