Berita TPA 2012

Mei 2012 

TPAS Cipayung Adakan Pengobatan Gratis

Sumber:http://www.suaradepok.com/  02 Mei 2012 

CIPAYUNG – Dalam rangka menghindari penyakit yang ditimbulkan akibat sampah, Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) melaksanakan kegiatan pengobatan gratis yang dilaksanakan setiap hari Rabu.

Dheni Wahyu, S Sos Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) TPAS Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok mengatakan bahwa pengobatan gratis yang dilaksanakan setiap hari Rabu, diadakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Depok dan Puskesmas UPT Cipayung.

Lebih lanjut, Dhenni mengatakan bahwa sasarannya adalah warga yang tinggal di sekitar wilayah TPAS Cipayung agar terhindar dari penyakit yang ditimbulkan dari sampah dan warga sangat merespon positif kegiatan ini. Hal itu diketahui dengan banyaknya pasien yang datang berobat.

“Pengobatan gratis ini merupakan tahun ke 2 setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2011 dan kegiatan ini sudah diagendakan rutin tiap tahun” papar Dhenni.

Pengobatan gratis ini akan dilaksanakan setiap hari Rabu sampai bulan Desember 2012. (dennie)

November 2012

Tumpukan Sampah TPA Dicover Soil

Sumber: http://depoklik.com/2 November 2012 

Baru baru ini, tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Cipayung, Pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melaksanakan kegiatan penutupan sampah (cover soil). Guna menurunkan beban akibat volume tumpukan sampah, serta menghilangkan bau tak sedap yang ditimbulkan dari gundukan sampah.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Dheny Wahyu mengatakan cover soil seharusnya dilakukan setiap ada pembuangan ke TPA. Namun melihat anggaran yang cukup besar untuk kegiatan ini, maka cover dilakukan hanya satu tahun sekali.

“Kegiatan itu (cover soil, red) merupakan suatu keharusan agar volume sampah yang sudah meninggi bisa ditekan dan menghindarkan bau tak sedap,” terangnya. Dia menambahkan, cover soil dilakukan merujuk pada Undang-undang Nomor 18/2008, tentang Pengolahan Sampah.

Dengan pelaksanaan cover soil yang dilakukan oleh pihak ketiga (pemborong), nantinya bisa dilihat apakah pengerjaan yang sudah dilakukan sesuai dengan prosedur atau tidak. “Kalau pengerjaannya setengah, ya dibayarnya setengah juga. Ketebalan tanah untuk cover soil setinggi 17,5 sentimeter,” katanya.

Sementara itu, pemborong dari PT Batrat Jaya Sejahtera selaku pemenang tender pelaksanaan cover soil, Hendi Sitorus menuturkan, progres kegiatan cover soil yang sudah dilaksanakan pihaknya sudah mencapai 40 persen. Penutupan sampah dilaksanakan pada kolam A, TPA Cipayung seluas 1,2 hektar. “Berjalan 40 persen,” ucapnya.

Pagu anggaran untuk pengerjaan kegiatan itu senilai Rp928 juta, berasal dari APBD Kota Depok tahun 2012. Sedangkan untuk pelaksanaannya dimulai sejak 18 September dan berakhir pada 18 November 2012.

“Yang sedang dilangsukan pemasangan enam pipa galfanis di lahan seluas 1,2 hektare ini. Pemasangan pipa dilakukan untuk mengeluarkan gas metan agar pemadatan yang dilakukan tidak meledak dan menghilangkan bau,” tutupnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s