UPS Rangkapan Jaya

April 2011

UPS Rangkapan Jaya Segera Dibangun

Sumber: http://www.depok.go.id/ 28 April 2011 

Persoalan sampah menjadi masalah yang serius di wilayah Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoranmas karena selama ini, menurut Lurah Rangkapan Jaya, Ahmad Ubaidillah warga membuang sampah ke lahan-lahan kosong lantaran belum memiliki Unit Pengolahan Sampah (UPS). Sampah-sampah tersebut nantinya tetap diangkut oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok.

Pembangunan UPS menjadi kebutuhan yang penting dan didukung warga di wilayah ini sebab jika sampah dibuang sembarangan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Menurut rencana, UPS tersebut akan dibangun di dalam areal Perumahan Maharaja. Namun, sampai saat ini pembangunan fisiknya sendiri belum dilakukan. Meski demikian, masyarakat sudah bersyukur karena persoalan sampah yang selama ini meresahkan warga akan segera diatasi.

Sebelumnya, pembangunan UPS itu sudah disosialisasikan DKP, namun sebagian masyarakat masih menolak karena khawatir dengan bau yang ditimbulkan. Setelah sosialisasi terus-menerus oleh DKP akhirnya masyarakat bisa menerima pembangunannya.

Agustus 2011

DKP Membangun UPS Di Rangkapan Jaya

Sumber:  http://www.depok.go.id/ 8 Agustus 2011

Saat ini Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) sedang membangun Unit Pembuangan Sampah (UPS), yang letaknya di Perumahan Maharaja RW 15 Kelurahan Rangkapanjaya, Kecamatan pancoranmas. “Dengan adanya UPS, persoalan sampah yang ada dikelurahan ini dapat teratasi, meski volumenya tidak begitu besar,” ucap Lurah Rangkapan Jaya, Ahmad Ubaidillah.

Ubai -sapaannya- menjelaskan, sebelum adanya sarana tersebut biasanya warga membuang sampah sembarangan. “Namun, dengan UPS tersebut, dapat mengurangi pembuangan sampah liar,” harapnya. Ia menambahkan, pembuangan sampah secara sembarangan biasanya dilakukan oleh warga yang tidak perduli dengan lingkungan. Padahal, pembuangan sampah secara sembarangan dapat menimbulkan masalah lingkungan. “Dengan dibangun UPS dapat menyadarkan warga agar peduli terhadap lingkungan,” pungkasnya.

September 2011

RW 15 Kelurahan Rangkapan Jaya Selesaikan Pembangunan UPS Mandiri

Sumber: http://www.depok.go.id/ 29 September 2011

Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoranmas Depok berambisi menjadi satu-satunya wilayah mandiri kebersihan di Kota Depok. Bukti kemandirian itu ditunjukan dengan rampungnya pembangunan Unit Pengolahan Sampah (UPS) mandiri di RW 15 Kelurahan Rangkapan Jaya akhir Oktober mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Lembaga Pemberdayan Masyarakat (LPM) Rangkapan Jaya, Atmajaya. Beliau mengungkapkan, sejauh ini penyelesaian pembangunan UPS sudah mencapai 60 persen dan dipastikan selesai akhir Oktober nanti. Selama UPS tersebut belum bisa di gunakan, pihak kelurahan tetap harus mengkoordinir warga agar tidak membuang sampah sembarangan .

Ia melanjutkan, Kelurahan Rangkapan Jaya merupakan satu-satunya wilayah yang diberikan fasilitas khusus dari Dinas PU Pusat. Anggaran pembangunan UPS tersebut seluruhnya didapat dari Dinas Cipta Karya Pekerjaan Umum (PU) Pusat dengan nilai anggaran sebesar Rp 500 juta. Begitu pula dengan pemberian kelengkapan fasilitas UPS seperti gedung, perkantoran, satu unit motor, dua unit mesin pencacah serta satu unit kontainer. Sedangkan, gerobak pengangkut sampah telah tersedia di RW setempat dan tinggal mengkoordinir satu per satu.

“Ini bentuk kemandirian Kelurahan Rangkapan. Kami satu-satunya kelurahan yang mendapat fasilitas khusus dari Dinas PU Pusat. Karena itu kami tidak akan menyiakan kesempatan ini,” terangnya.

Menurut dia, meski pada awalnya terjadi penolakan lokasi lahan, warga akhirnya menyetujui pembangunan UPS tersebut. Mereka akhirnya mengetahui jika UPS itu diperlukan guna menanggulangi persoalan sampah di Rangkapan Jaya. Kini, warga sendirilah yang menginkan UPS tersebut cepat di selesaikan.

Hal itu ditunjukkan Manajemen Perumahan Maharaja Depok yang bersedia menyediakan lahan seluas 800 meter sebagai lokasi pembangunan UPS. “ Sejauh ini warga peduli dan mendukung pembangunan UPS tersebut, bahkan mereka ingin secepatnya selesai supaya bisa segera digunakan,”ujarnya.

Atmaja menuturkan, rencananya ke depan, LPM akan bekerjasama dengan kelurahan terkait penarikan retribusi kepada warga sebagai biaya perawatan dan pemeliharaan UPS. Di samping itu, akan dibentuk pula kelembagaan pengurusan sampah di tingkat RT/RW supaya tetap mandiri tanpa mengandalkan pemerintah Kota Depok. “ Saya rasa dengan jumlah warga Rangkapan Jaya yang mencapai 1500 jiwa, cukup menandai pembangunan dan pemeliharaan UPS,” tandasnya.

Juli 2012

Pekerja UPS tetap berpuasa

Sumber: http://www.monitordepok.co.id/28 Juli 2012 

RANGKEPANJAYA, MONDE: Bulan Suci Ramadan tahun ini dalam suasana musim kemarau, sehingga banyak pekerja yang merasa kelelahan, hal yang serupa juga dirasakan belasan pekerja Unit Pengelolaan Sampah (UPS) di perumahan elit Maharaja, Kelurahan Rangkepanjaya, Kecamatan Pancoran Mas.

Meski selama ini belum memperoleh dana operasional dari Pemkot Depok, kata pengelola UPS Maharaja Atmadja, seluruh pekerja yang setiap hari bergelut dengan pemilahan sampah di UPS hingga sepekan terakhir Bulan Suci Ramadan masih tetap menjalani ibadah puasa.

“Alhamdulillah dedikasi dan loyalitas para pekerja begitu tinggi hingga seakan tidak merasa capek atau letih bekerja, di antara tumpukan sampah yang berbau busuk meski dalam kondisi berpuasa,” kata Atmadja kepada Monde, kemarin.

Belasan pekerja kasar yang dipimpinnya, menurut dia, bekerja seperti biasa yakni dari pagi hingga menjelang sore, dengan volume pekerjaan agak bertambah karena volume sampah dalam sepekan terakhir Bulan Ramadan juga bertambah.

“Saya salut dan bersyukur memiliki rekan kerja yang begitu giat, padahal kami selama ini kan belum memperoleh dana operasional dari Pemkot Depok, tapi kami tetap bekerja keras dan ikhlas, aplagi dalam suasana Bulan Ramadan,” ujarnya.

Setelah memiliki dua sepeda motor gerobak sampah, menurut Atmadja, pengelola UPS Maharaja beberapa waktu lalu memperoleh bantuan dari Universitas Indonesia berupa alat angkut sampah dan fasilitas penampungan air bersih.

“Kami memperoleh bantuan dari UI Depok, untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang begitu perhatian dan bantuannya demi mendukung kelancaran operasional UPS Maharaja,” tutur Atmadja.(mj)

One response to “UPS Rangkapan Jaya

  1. waduuuuh…informasinya koq banyak yang membingungkan ya? yang bener bantuan pembangunan UPS dari DKP kota Depok apa kementerian PU? yang membangun UPS itu warga RW 15 saja atau warga perumahan Maharaja? peruntukannya untuk warga RW 15 saja, atau warga yang tinggal di seluruh RW di Maharaja, atau seluruh warga kelurahan Rangkapan Jaya? masak sih warga kelurahan Rangkapan Jaya jumlahnya 1500 jiwa…? biasanya kalo perencanaan amburadul, pelaksanaannya nanti juga (tambah) amburadul lho!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s