Berita UPS 2012

Januari 2012

Bangunan rampung, UPS Krukut belum berfungsi

Sumber: http://www.monitordepok.co.id/ 7 Januari 2012

KRUKUT, MONDE: Pembangunan hanggar Unit Pengelola Sampah (UPS) Kelurahan Krukut telah rampung. Meski demikian, hingga kini, UPS tersebut belum beroperasi. Padahal, warga sangat menanti agar UPS segera beroperasi.

Ironisnya, meski hanggar sudah resmi berdiri, namun, mesin penggiling sampah di UPS itu belum dikirim oleh pihak Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok. Sebelumnya, DKP pernah mengatakan akan memulai operasional UPS pada awal Januari 2012.

“Nanti awal Januari tahun 2012 ,UPS Krukut sudah bisa dioperasionalkan untuk mengolah sampah warga setempat,” ujar Kepala DKP Kota Depok Ulis Sumardi kepada Monde sebulan silam.

Tak hanya mesin UPS yang belum tiba, tapi akses jalan menuju hanggar UPS pun belum juga dibangun. “Mesinya belum ada dan ruas jalan sepanjang lebih kurang 50 meter dari akses Jalan Rawajati menuju gerbang UPS juga belum dibangun. Sepertinya, UPS ini masih butuh waktu lama untuk dapat difungsikan,” ujar Mahmud, warga sekitar.

Sementara itu, Ketua RW 04 Krukut Dina berharap agar pihak DKP segera mengoperasikan UPS ini sehingga permasalahan sampah di wilayah Kelurahan Krukut dapat tertangani. Dina pun berharap operasional UPS dapat melibatkan warga setempat.

“Saya dengar jumlah karyawan UPS itu sebanyak 14 orang. Semoga warga sekitar bisa dipekerjakan,” pinta Dina. (ast)

Depok Atasi Masalah Sampah dengan UPS

Sumber: http://www.republika.co.id/ 16 Maret 2012

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Tingginya volume sampah yang mencapai 4.250 meter kubik (m3) per hari membuat Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok berpikir keras untuk mengatasinya. Solusinya, Pemkot Depok akan memanfaatkan secara optimal Unit Pengolahan Sampah (UPS).

”Pada 2012 hingga 2013 ditargetkan sampahyang terangkut dan tertangani bisa mencapai 47 persen. Dengan catatan, seluruh sarana dan prasarana harus ditambah dan dioptimalkan seperti mengoptimalkan UPS,” ujar Kepala Dinas DKP Kota Depok, Ulis Sumardi.

UPS yang beroperasi, ungkapnya, sebanyak 19 UPS dari 47 UPS yang ada. ”Rencananya pada tahun ini, semua UPS yang ada akan dioperasikan serta akan diusulkan pembangunan 15 UPS lagi,” ungkap Ulis.

Sementara Kabid Kebersihan DKP Kota Depok, Rahmat Hidayat, mengatakan sebanyak 47 persen sampah bisa ditangani jika optimalisasi UPS bisa betjalan. ”Pada tahun 2011, penanganannya baru mencapai 38 persen atau sebanyak 1.615 kubik perhari,” jelasnya.

Mei 2012 

Hah? Hanya 10 Persen Sampah yang Bisa Diolah UPS Depok

Sumber:  http://depoklik.com/30 Mei 2012 

Meski memiliki 37 Unit Pengolahan Sampah (UPS) di seluruh wilayah Depok, sampah yang dapat diolah hanya 10 persen dari total sampah per hari yang mencapai 4.500 meter kubik.

Melihat hal itu, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok terus berupaya untuk mengurangi jumlah volume sampah dengan berbagai cara. Salah satunya dengan membangun Unit Pengolahan Sampah (UPS).

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok Ulis Sumardi mengatakan volume sampah di Depok mencapai 4.500 kubik per hari. Dari 37 UPS yang dimiliki Depok, hanya 10 persen yang mampu diolah di mesin UPS.

“Kami menargetkan tahun ini akan mengoptimalkan mesin UPS hingga mampu mengolah 18 persen sampah,” ujarnya kepada wartawan di Balaikota, Rabu (30/5).

Tahun 2013, kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung Depok diprediksi akan melebihi kapasitas (overload). Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok tengah membahas dengan para investor untuk melakukan rekayasa teknologi untuk mengurangi sampah. Serta, mengolah sampah di TPA dan memberdayakan ratusan pemulung.

“Kita juga melakukan pengolahan di TPA, paling tidak kita kurangi, jadi kalau tak ada upaya apa–apa memang 2012 habis (TPA), UPS itu kan ada 4.500 meter kubik, kita baru sanggup angkut 33 persen (dari TPA), 67 truk, lalu dari UPS baru mampu 18 persen atau 15 persen, jadi masih ada sisa (sampah yang tak terolah),” tandasnya. Icha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s